Pada abad ke-21 ini, kreativitas memegang peranan yang penting agar
seseorang dapat bertahan hidup dan berkembang dengan baik. Dengan
kreativitas individu akan mampu mengidentifikasi masalah secara tepat
dan menyelesaikannya dengan kemungkinan-kemungkinan dan
kesempatan-kesempatan yang ada yang mungkin tidak diperhatikan oleh
orang lain. Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk menghasilkan
suatu produk yang baru ataupun kombinasi dari hal-hal yang sudah ada
sebelumnya, yang berguna, serta dapat dimengerti. Kreativitas itu
sendiri dicerminkan melalui kelancaran, keluwesan, orisinalitas dalam
berpikir serta mengelaborasi gagasan. Salah satu faktor yang
mempengaruhi kreativitas adalah lingkungan rumah, keluarga, dan
masyarakat. Pada lingkungan sekolah, iklim kelas memiliki peranan
penting dalam meningkatkan kreativitas. Persepsi siswa akan lingkungan
kelas merupakan penilaian paling tepat untuk mengetahui iklim kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi
terhadap iklim kelas dengan kreativitas pada siswa SMA. Data penelitian diperoleh dari skala Persepsi Terhadap Iklim
Kelas yang berjenis Likert dan Tes Kreativitas Figural. Metode
yang digunakan adalah metode korelasional kuantitatif dengan teknik
pengambilan sampling berupa simple random sampling. Sampel dalam
penelitian ini adalah siswa SMA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar