Pendidikan merupakan salah satu pilar untuk mencapai tujuan nasional
yang telah ditetapkan dam UUD 1945. Keberhasilan proses pendidikan tidak
dapat dilepaskan dari keberadaan guru. Dalam pelaksanaannya kinerja
guru dapat dilihat dari segi proses dan dari segi hasil. Dunia
pendidikan masih dihadapkan oleh berbagai masalah seperti kualitas
pendidikan yang rendah, tingkat kelulusan siswa yang terus menjadi
dilema, rendahnya gaji guru dan sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pemberian insentif serta
pendidikan dan pelatihan terhadap peningkatan kinerja guru SMA.
Jenis penelitiannya adalah penelitian asosiatif dimana penelitian ini
dilaksanakan untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala-gejala yang ada
dan mencari keterangan secara faktual. Sedangkan sifat penelitian ini
adalah penelitian penjelasan (explanatory). Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh guru-guru SMA yang bersangkutan. Metode pengumpulan datanya dengan wawancara, kuesioner
dan studi dokumentasi. Variabel dalam penelitian ini meliputi insentif,
pendidikan dan pelatihan sebagai variabel independen dan kinerja guru
sebagai variabel dependen. Model analisis datanya regresi linier.
Pengujian hipotesis secara simultan maupun parsial dilakukan dengan
menggunakan software SPSS.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar