Di era globalisasi ini persaingan antar
sumberdaya manusia sangat ketat ditambah lagi dengan berbagai industri yang
semakin lama semakin bersaing untuk mendapatkan hasil yang optimal. Salah satu
cara yang dilakukan pemerintah untuk dapat menyiapkan sumberdaya manusia di era
globalisasi adalah melalui pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang
diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk mengembangkan dirinya
sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian, serta
untuk memasuki lapangan pekerjaan dan mengembangkan sikap profesionalnya. Peran
guru sangat penting dalam menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas. Maka
dari itu, kondisi guru penting untuk diperhatikan, tidak hanya pada kondisi
fisiknya saja tetapi juga pada kondisi psikologisnya seperti kepuasan kerja
guru. Kepuasan kerja guru merupakan komponen integral dari iklim organisasi
serta elemen penting yang mempengaruhi pekerja dalam pekerjaannya. Apabila
seseorang puas dalam pekerjaannya maka ia akan memberikan hasil yang maksimal
pada pekerjaannya dan sebaliknya. Iklim kelas merupakan salah satu faktor yang
mempengaruhi kepuasan guru dalam mengajar. Untuk dapat mengetahui apakah iklim
kelas yang dimasuki guru ketika mengajar relatif baik dapat dilihat dari
bagaimana persepsi guru dalam menilai kelas yang dimasukinya saat mengajar.
Inilah salah satu hal yang dapat mempengaruhi kepuasan kerja guru dalam
mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi
guru terhadap iklim kelas dengan kepuasan kerja guru SMK. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional, dengan menetapkan populasi
penelitian adalah seluruh guru SMK. Metode pengambilan sampel yang digunakan
adalah sampel total (total sampling) yakni seluruh anggota populasi dijadikan
sampel. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Teknik
analisis data yang digunakan adalah uji korelasi (Pearson Product Moment).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar