Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan koleksi
perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa Sekolah Menengah Atas
(SMA).
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan XII SMA. Penentuan jumlah sampel
berpedoman pada pendapat Arikunto. Teknik penentuan
sampel menggunakan metode Proportioned Stratified Random Sampling.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, angket dan
studi kepustakaan. Pengukuran variabel dilakukan dengan Skala Likert.
Interpretasi data dilakukan berdasarkan besar persentase jawaban dari
responden.
Pengujian validitas instrumen dilakukan dengan cara mengkorelasikan
antara skor butir pernyataan dengan skor total kostruk (variabel),
sedangkan uji reliabilitas instrumen dilakukan dengan menggunakan metode
one shot atau pengukuran sekali saja dengan menggunakan uji statistik
Cronbach Alpha. Untuk mengetahui hubungan pemanfaatan koleksi
perpustakaan dengan prestasi belajar siswa digunakan uji korelasi
Product Moment dari Pearson. Sedangkan pengujian hipotesis dilakukan
dengan cara membandingkan nilai r hitung dengan r tabel pada tingkat
kepercayaan 95% (α=0,05).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar