Selasa, 18 Oktober 2011

Hubungan Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Sekolah dengan Prestasi Belajar Siswa SMA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan koleksi perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan XII SMA. Penentuan jumlah sampel berpedoman pada pendapat Arikunto. Teknik penentuan sampel menggunakan metode Proportioned Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, angket dan studi kepustakaan. Pengukuran variabel dilakukan dengan Skala Likert. Interpretasi data dilakukan berdasarkan besar persentase jawaban dari responden. Pengujian validitas instrumen dilakukan dengan cara mengkorelasikan antara skor butir pernyataan dengan skor total kostruk (variabel), sedangkan uji reliabilitas instrumen dilakukan dengan menggunakan metode one shot atau pengukuran sekali saja dengan menggunakan uji statistik Cronbach Alpha. Untuk mengetahui hubungan pemanfaatan koleksi perpustakaan dengan prestasi belajar siswa digunakan uji korelasi Product Moment dari Pearson. Sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan cara membandingkan nilai r hitung dengan r tabel pada tingkat kepercayaan 95% (α=0,05).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar