Salah satu tantangan besar dalam menentukan pola komunikasi organisasi
adalah proses yang berhubungan dengan jaringan komunikasi. Jaringan
komunikasi dapat membantu menentukan iklim dan moral organisasi yang
nantinya akan berpengaruh pada jaringan komunikasi. Tantangan dalam
menentukan pola komunikasi organisasi adalah bagaimana menyampaikan
informasi keseluruh bagian organisasi dan bagaimana menerima informasi
dari seluruh bagian organisasi. Untuk itu, menentukan suatu pola
komunikasi yang tepat dalam suatu organisasi merupakan suatu keharusan.
Pola komunikasi yang terjadi dalam organisasi dapat dilihat dalam bentuk
aktivitas rapat umum suatu organisasi. Dimana pola komunikasi yang
terdapat dalam rapat umum tersebut banyak dipengaruhi oleh jaringan
kelompok.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah komunikasi
horizontal yang terjadi serta untuk mengetahui apakah komunikasi horizontal
berperan terhadap efektifitas kerja pegawai.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif yang hanya memaparkan situasi dan peristiwa. Penelitian ini
bertujuan untuk menggambarkan secara tepat suatu keadaan dalam hal ini
kebijakan yang tertuang dalam bentuk aktifitas komunikasi horizontal yang
membentuk efektivitas kerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar