Buku
pegangan guru pasti terdapat soal-soal untuk alat evaluasi hasil
belajar. Di sekolah semua guru menggunakan
buku paket,
soal-soal dalam buku paket tersebut belum diketahui secara pasti apakah sudah
dianalisis atau belum, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui kualitas alat evaluasi bahasa Indonesia pada buku paket tersebut.
Metode
yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode deskriptif dengan
teknik analisis isi. Alat evaluasi yang dianalisis yaitu soal pilihan
ganda, soal esai ulangan semester, dan soal esai
tugas/latihan/uji kompetensi. Populasi penelitian untuk validitas dan
reliabilitas digunakan seluruh populasi sedangkan untuk daya pembeda, tingkat kesukaran dan butir
pengecoh menggunakan rumus 27%. Variabel
penelitian meliputi validitas, reliabilitas, daya pembeda soal, tingkat
kesukaran soal, dan butir pengecoh. Validitas soal dihitung dengan rumus
product moment, reliabilitas dengan rumus teknik
belah dua Spearmen-Brown, reliabilitas uraian dengan Alpha-Cronbach,
daya beda soal dengan rumus proporsi peserta kelompok atas yang menjawab
benar dikurangi proporsi peserta kelompok bawah yang menjawab benar,
tingkat kesukaran soal dengan menggunakan rumus jumlah siswa yang
menjawab benar dibagi jumlah seluruh siswa, butir pengecoh dengan rumus 5
% seluruh pengikut tes.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar