Selasa, 01 November 2011

Efektivitas Pelaksanaan Program Pengembangan UKM (Studi Pada Dinas Koperasi)

Dinas Koperasi Kota adalah unsur pelaksana Pemerintah Kota yang memiliki tugas melaksanakan sebagian urusan rumah tangga daerah dalam bidang pengkoperasian pengusaha kecil dan menengah serta melaksanakan tugas pembantuan sesuai dengan bidang tugasnya. Dengan demikian pengembangan terhadap usaha kecil dan menengah sudah menjadi salah satu tugas pokok dalam program kerja dinas koperasi. Program pengembangan UKM itu meliputi kegiatan bimbingan dan pengarahaan, pengadaan atau bantuan permodalan, pengembangan jaringan pemasaran, pengembangan program kemitraan, dan juga melakukan evaluasi terhadap hasil dari program tersebut. Agar pelaksanaan program pengembangan UKM dapat berjalan dengan efektif, maka tujuan atau sasaran dari prgram tersebut harus dapat tercapai sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan dan dapat memberikan manfaat yang besar terhadap UKM, terutama membantu UKM menyelesaikan permasalahannya, seperti : permodalan, SDM, pemasaran, dan penggunaan teknologi serta meningkatkan daya saing UKM terhadap perkembangan globalisasi. Sehingga UKM nantinya dapat berperan sebagai tulang punggung perekonomian masyarakat kota. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskritif, dimana peneliti ingin mengetahui sejauh apa efektivitas pelaksanaan program pengembangan UKM pada dinas koperasi kota. Apakah sudah berjalan dengan efektif atau tidak serta mengetahui apa saja yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan program pengembangan UKM. Untuk melihat hal tersebut, Peneliti menggunakan indikator-indikator keberhasilan efektivitas, yaitu pencapaian tujuan, ketepatan waktu dan pemberian manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar